Kehidupan Internal Undiksha

Universitas Pendidikan Ganesha atau Undiksha menyediakan beragam jenis fasilitas mulai dari perpustakaan, auditorium yang memiliki kapasitas hingga 2.000 pengunjung, berbagai jenis lapangan, ruang seminar, laboratorium, layanan UPT TIK yang merupakan pusat informasi, UPT PKKM membantu mahasiswa dalam karir, asrama kampus, layanan konseling, wifi, ATM BRI dan BNI serta yang lainnya. Undiksha memiliki beberapa fakultas antara lain:

  1. Fakultas Teknik dan Kejuruan (FTK),
  2. Fakultas Olahraga dan Kesehatan (FOK),
  3. Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP),
  4. Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial (FHIS),
  5. Fakultas Ekonomi (FE),
  6. Fakultas Bahasa dan Seni (FBS),
  7. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), dan
  8. Fakultas Kedokteran (FK).

Prodi Sistem Informasi di Undiksha di bawah naungan FTK atau Fakultas Teknik dan Kejuruan. Salah satu jurusan yang ada di Fakultas Teknik dan Kejuruan Undiksha yaitu Teknik Informatika. Prodi sistem informasi ini adalah salah satu prodi di jurusan Teknik Informatika. Apabila ingin mengembangkan pengetahuan yang dimiliki, Fakultas Teknik dan Kejuruan terdapat beberapa komunitas yang bisa menjadi pilihan, diantaranya komunitas programming, komunitas multimedia, komunitas TKJ dan robotik, komunitas siberius dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, di Universitas Pendidikan Ganesha terdapat UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa yang beragam sebagai wadah pengembangan minat, bakat dan keahlian para mahasiswa, antara lain:

  1. UKM Kesenian Daerah
  2. UKM Bola Voli
  3. UKM Resimen Mahasiswa(Menwa)
  4. UKM Mahasiswa Pencinta Alam Lokal Samgraha (Mapala)
  5. UKM KSRโ€“ PMI
  6. UKM Pramuka
  7. UKM Pers Mahasiswa โ€œVisiโ€
  8. UKM Keputrian
  9. UKM Bridge
  10. UKM Pik-M Pelana
  11. UKM Tenis Lapangan
  12. UKM Catur
  13. UKM Kempo
  14. UKM Paduan Suara
  15. UKM Petanque
  16. UKM PKIM
  17. UKM Teater โ€œSeribu Jendelaโ€
  18. UKM Futsal
  19. UKM Pencak Silat
  20. UKM Gateball
  21. UKM Rugby
  22. UKM Bulutangkis
  23. UKM Kabaddi
  24. UKM Woodball
  25. UKM Hubungan Internasional dan Kebudayaan Mancanegara
  26. UKM Musik

Selain UKM, apabila ingin mengikuti organisasi untuk mendapatkan banyak manfaat mulai dari belajar mengatur waktu, meningkatkan skill komunikasi, belajar bekerja dengan banyak orang (team), menambah relasi, belajar menghargai orang lain, dan masih banyak lagi, Kita dapat mengikuti organisasi yang ada di Undiksha seperti Badan Eksekutif Mahasiswa atau BEM Rema Undiksha, Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM), Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma Undiksha (KMHD), Pengajian Mahasiswa Muslim (PMM) Al-hikmah Undiksha, dan lain-lain. Organisasi yang ada di Fakultas Teknik dan Kejuruan yang dapat diikuti yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa atau BEM FTK dan Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika.

Kehidupan Luar Kampus Undiksha

Perlu diketahui juga mengenai bagaimana kehidupan di luar kampus, terutama bagiย  mahasiswa baru yang berasal dari luar kota, bahkan dari luar pulau. Mahasiswa yang akan menetap di Singaraja tentunya telah berbondong-bondong mencari tempat tinggal dengan kualitas lengkap dan nyaman, baik itu berupa kontrakan, kost, atau mungkin memilih tinggal di rumah salah satu rekan keluarga. Di sekitaran kampus Undiksha banyak terdapat kost dengan berbagai kategori, baik itu kategori kost putri, kost campuran, kategori harga bulanan, tahunan, dan lain-lain.

Kampus Tengah Undiksha yang berada di Jalan Udayana, letaknya dapat dikatakan strategis, karena berdekatan dengan tempat-tempat yang memiliki fasilitas umum dan tidak berbayar. Hal ini dapat mendukung kenyaman mahasiswa dalam berbagai aktivitas seperti berkumpul bersama teman-teman sambil mengerjakan tugas, berkumpul untuk melakukan rapat organisasi, berolahraga bersama, ataupun hanya sekedar bersantai yang sering disebut โ€˜healingโ€™. Tempat-tempat tersebut diantaranya :

  1. Lapangan Ngurah Rai atau sering disebut Taman Kota Singaraja. Biasanya mahasiswa dari luar kota yang ingin bertemu dengan teman dari daerah yang berbeda, akan berpatokan dengan Taman Kota, karena tempatnya paling mudah untuk dijangkau mahasiswa. Taman Kota Singaraja memiliki fasilitas free wifi, membuat para mahasiswa nyaman untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah. Serta lapangan yang sangat luas digunakan untuk tempat berolahraga, bersantai, bahkan tak jarang digunakan untuk tempat pertemuan penting seperti rapat organisasi mahasiswa.
  2. Lapangan Bhuana Patra atau sering disebut GOR Bhuana Patra. Seperti namanya, tempat ini adalah tempat untuk melakukan aktivitas olahraga, mulai dari tempat sekretariat UKM hingga lapangan yang luas. Namun berbeda dengan Lapangan Ngurah Rai, disini tidak ada fasilitas lainnya seperti wifi, serta tidak deretan kuliner.
  3. Pantai Penimbangan (PP) menjadi ikonik Kota Singaraja, dan tempat favorit mahasiswa untuk 'healing'. Biasanya di sore hari setelah melakukan aktivitas perkuliahan yang membuat pening, mahasiswa menenangkan diri di tepi pantai sembari menatap indahnya senja. Tak hanya itu, di tepi-tepi pantai juga tersedia deretan usaha kuliner yang sekaligus menampilkan live music di malam hari setiap hari Sabtu-Minggu.
  4. Taman Bung Karno (TBK), tepatnya di Jalan Jelantik Gingsir, Sukasada, lumayan jauh dari sekitar Kampus Tengah Undiksha, namun tempat ini juga salah satu tempat yang banyak dikunjungi. Taman Bung Karno memiliki fasilitas panggung terbuka yang luas, hampir setiap weekend menghadirkan pertunjukkan kesenian-kesenian daerah Kabupaten Buleleng.

Selain itu, beragam wisata kuliner di sekitar Kampus Tengah Undiksha juga banyak dikerumuni oleh mahasiswa, apalagi mahasiswa rantauan. Wisata kuliner favorit mahasiswa diantaranya Mcdonalds, KFC, Mie Kober, Mie Gacoan, Warung Pudak, Warung Pak Man, Super Jumjum, Danke Coffee, Kopi Nau Pojok, Food Camp, Mom's Kitchen, Ajengan Kubu, Umah Ketupat, Mailaku, dan masih banyak lagi yang mudah dijangkau serta makanan dengan harga terjangkau. Tak jarang juga mahasiswa Undiksha berwisata kuliner sambil belajar ataupun mengerjakan tugas bersama teman-teman.